Anggota Keluarga Baru

Hai dengan Kikhu di sini….

Kikhu mau cerita tentang anggota keluarga baru. Kejadiannya sudah agak lama, cuma karena Kikhu sibuk nana nini (ke sana ke sini maksudnya), baru sekarang bisa menuliskannya. Sepulang dari Cangkringan terakhir itu, Pajo yang jaga rumah memamerkan hasil buruannya. Katanya: ya dia datang sendiri, terus saya mau pegang kok lari masuk got. Terus hari berikutnya dia datang lagi, dipasang lem tikus, eh kena. Anakan biawak disimpannya di dalam ember.

img_20180402_153500-350961875.jpg

Pajo tidak mau bawa. Katanya: masih terlalu kecil, pun dipotong dagingnya tidak banyak. Pawi dan Buni sepakat, sudahlah dilepas saja. Setelah diberi makan jangkrik. Dia dilepas di halaman belakang. Biarlah dia liar kembali ke alam. Beda dengan Krucil musang itu, dulu dikandangkan karena ada beberapa luka di badannya dan terlihat kurus kurang makan. Kasihan kata Buni.

Sekitar seminggu kemudian, eh itu biawak kecil muncul terlihat lagi. Pawi kasih jangkrik yang biasa buat burung, dilempar gitu, langsung kejar dan hup masuk mulut. Habislah sekitar sepuluh ekor jangkrik. Setelah itu dia pergi ke bawah mesin cuci. Hari berikutnya Buni melihat biawak kecil ini sedang berusaha menelan kadal kecil, tinggal terlihat ekor kadal. Terkesima, Buni tidak ambil gambarnya. Sebagai penjelas, beberapa hari sebelumnya memang ada kadal kecil di halaman belakang, sama Buni disediakan ulat hongkong makanan burung. Kadal kecil itu memakannya.

Pawi dan Buni menyadari, ini biawak kecil ini mencari makan. Okelah jika begitu. Hari berikutnya dia datang, setelah dikasih sekitar sepuluh jangkrik, dia pergi. Ya masih belum ada yang berani untuk dekat-dekat. Seram. Tapi setelah setiap hari dia datang, Buni dan Pawi menjadi akrab. Dia selalu kejar sesuatu yang bergerak. Jadi ceritanya, Buni belum menyadari kehadirannya, mungkin jempol kakinya gerak-gerak gitu, eh tetiba (ini bagus ya buat ganti kata tiba-tiba) dia datang. Woaaaaa, kata Buni. Sekitar jam 9-10 pagi, setelah mulai panas, dia akan terlihat di halaman belakang.

Resmilah biawak kecil itu menjadi anggota keluarga. Kami menyebutnya sebagai Sibi, Si Biawak. Tidak menggunakan huruf K, seperti nama-nama yang anggota keluarga yang disematkan Buni, karena kalau Kibi kok kayanya kurang imut. Pada jam-jam tertentu Sibi akan mengintip dari got, ini fotonya.

img_-mwr802-1506795105.jpg

Sibi mengintip dari got :))

Atau pada kesempatan lain, dia berjalan-jalan dengan santai menikmati udara dan panas matahari. Berjemur. Ini beberapa penampakannya.

img_20180428_123017-1151580876.jpg

img_20180505_101345-350064303.jpg

img_0663

Sibi, gagah ya.

Pokoknya Sibi sudah menjadi anggota keluarga besar. Dia bebas berkeliaran di halaman belakang. Tidurnya entah di bawah mesin cuci, di gerumbul pepohonan, di bawah almari, atau entah di mana. Bebas saja. Pawi sudah mulai kenal, kasih makannya langsung ke mulutnya, tidak dilempar lagi. Makannya sangat lahap. Kemarin itu sama Pawi sempat dikasih potongan daging ayam, biasanya jangkrik ya, ya lahap banget makannya. Lidahnya yang ungu dijulur-julurkan. Ketika menelan makanan maka leher akan diputar-putar, membantu makanan masuk ke perutnya.

Sibi membawa pelajaran juga: dia akan selalu pergi jika sudah kenyang. Pun diberikan makanan lagi, akan ditinggalkannya. Sebelum masuk bawah mesin cuci atau masuk ke gerumbul pepohonan, dia akan memalingkan muka mungkin mengucapkan terima kasih. Sibi anggota keluarga baru, beberapa hari ini tidak tampak, mungkin sedang berganti kulit karena terakhir terlihat kulit tubuhnya banyak mengelupas.

Kehadiran Sibi ini tidak mengherankan. Tahun lalu, induknya pernah mampir ke garasi. Siang-siang Pawi mau tangkap itu satu yang masuk garasi eh kok ternyata ada dua, yawis biarlah mereka hidup liar di luar. Biawak dewasa ini cukup besar, sekira lengan manusia dewasa yang tidak gemuk tapi juga bukan kurus. Ini penampakan gagahnya.

img_20170617_1341001585219923.jpg

img_20170617_134618-1553051999.jpg

Indukan biawak, dengan santai meninggalkan garasi.

Ciaoooo, sampai ketemu di cerita berikutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s